Rabu, 14 September 2011

Tip Trik : Menghimpun dana Anggota – Simpanan Berjangka Berhadiah

Untuk menghimpun dana dari anggota, koperasi dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif dalam membuat suatu produk simpanan. Salah satunya adalah dengan cara membuat produk simpanan berjangka berhadiah. Apakah koperasi memerlukan biaya besar terhadap adanya produk ini? Berikut penjelasan secara akuntansi dari tim Armadillo Accounting berdasarkan pengalaman di lapangan.
Ex: Suatu koperasi mempunyai produk simpanan berjangka yang saldo nya di atas Rp 50.000.000,- mendapat hadiah langsung berupa sepeda motor. Adapun perlakuannya sebagai berikut :
Penerimaan simpanan berjangka
D\ Kas Rp 50.000.000,-
K\ Simpanan Berjangka Rp 50.000.000,-

Pembelian Hadiah
Hadiah ini diakui seperti persediaan tapi disusutkan seperti inventaris kantor, buat perkiraan Beban Simpanan Berjangka Kendaraan (BSB Kendaraan), dengan Akumulasi Penyusutan BSB Kendaraan. Namun ada juga yang menyebutnya dengan beban dibayar di muka atas bunga deposito (BDD Bunga Deposito). Pemberian nama akun bisa disesuaikan sesuai dengan kabijakan manajemen masing-masing koperasi.
D\ BSB Kendaraan Rp 10.500.000,-
K\ Kas Rp 10.500.000,-


Penyusutan Pembelian Sepeda Motor (Cicilan Hadian)
Penyusutan dibebankan juga pada saat pemberian bunga simpanan berjangka, yg menghasilkan jurnal sebagiai berikut
D\Biaya Bunga Simp Berjangka Rp 1.050.000
K\ Simpanan Rp 400.000,-
K\ Akm Peny BSB Kendaraan Rp 650.000,-

Dalam Armadillo Simpan Pinjam, jurnal di atas harus dilakukan melalui dua kali transaksi, karena akun simpanan berhubungan dengan kartu simpanan anggota. Maka jurnal bunga simpanan berjangka terhadap simpanan harus dilakukan melalui menu transaksi simpanan, berikut penjelasan secara visualnya.




Adapun jurnal bunga simpanan berjangka terhadap akumulasi penyusutan bisa langsung dilakukan melalui menu isi jurnal.


Dari dua transaksi di atas, akan menghasilkan laporan rekap jurnal sebagai berikut ini. Yang otomatis akan pengaruh ke laporan neraca dan rugi laba koperasi.
Demikian penjelasan dari kami, jika masih ada yang perlu ditanyakan atau ada kritik dan saran, jangan sungkan untuk kontak kami kapan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar